29 Agustus 2008

Aku adalah orang asing

Aku ini seorang asing didunia, yang mengalami kesunyian yang mencekam
serta kesendirian yang menyakitkan dalam pengasinganku.
Aku sendirian, tetapi dalam kesendirian kurenungkan
sebuah negeri yang tak kukenal yang mengagumkan,
dan renungan ini mengisi mimpi-mimpiku
dengan penglihatan akan negeri besar dan sangat jauh
yang belum pernah terlihat oleh kedua mataku.

Aku adalah seorang asing diantara orang-orang,
dan aku tidak memiliki seorang temanpun,
ketika aku melihat seseorang, aku bertanya-tanya didalam hatiku,
"Siapakah dia gerangan, bagaimanakah aku bisa mengenalnya,
mengapa dia berada disini, dan hukum apa yang telah mempertemukan diriku dengannya".

Aku adalah orang asing bagi diriku sendiri,
dan ketika kudengar bibirku bicara, telingaku bertanya-tanya mengenai suaraku,
aku melihat bagian diriku yang terdalam tersenyum, menangis, berani dan ketakutan,
kesadaranku bertanya-tanya mengenai hakikatku sementara jiwaku menanyai hatiku,
tetapi aku tetap tidak dikenal, ditelan oleh kesunyian yang mencekam.

Pikiranku asing bagi tubuhku, dan aku berdiri didepan cermin,
kulihat sesuatu di wajahku yang tidak dilihat oleh jiwaku,
dan kutemukan dengan mataku apa yang tidak ditemukan oleh jati diriku.

Ketika aku berjalan dengan pandangan mata kosong menelusuri jalan-jalan kota yang ramai,
anak-anak mengikutiku sambil berteriak-teriak,
"Dia ini orang buta, ayo kita beri dia tongkat agar menemukan jalannya".

Ketika berlari menghindari mereka, aku bertemu dengan sekelompok wanita,
dan mereka memegangi ujung-ujung pakaianku sambil berseru,
"Dia ini tuli seperti batu, mari kita isi telinganya dengan musik cinta".

Aku adalah seorang asing didunia ini...,
aku adalah seorang penyair yang menulis segala sesuatu yang diolah kehidupan,
dan yang mengolah segala sesuatu yang ditulis kehidupan.

Karena itulah aku menjadi orang asing
dan aku akan tetap menjadi orang asing
sampai sayap-sayap kematian yang putih dan ramah
membawaku pulang kembali ke negeriku yang indah.

Disanalah, tempat terang, damai, serta pengetahuan bersifat abadi,
akan kutunggu orang-orang asing lain
yang akan diselamatkan oleh perangkap waktu dari dunia sempit dan gelap ini.

Tidak ada komentar: